SELAMAT DATANG DI BLOG IMAMEDU.

Senin, 27 September 2010

PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Keberhasilan penelitian tindakan menjadi populer saat ini dan berkembang sampai bidang pendidikan dan dikenal dengan sebutan”penelitian Tindakan Kelas” dan disingkat PTK. Penelitian tindakan merupakan pengkajian terhadap permasalahan praktis yang bersifat situasional dan konstektual yang ditujukan untuk menentukan tindakan yang tepat dalam rangka pemecahan masalah yang dihadapi suatu kenerja atau Organisasi.
Menurut John Elliot(1991), PTK adalah kajian tentang situai sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas kegiatan yang ada didalamnya, dan seluruh prosesnya meliputi: telaah, diagnosa, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dampak, dan menjalin hubungan yang diperlukan antara evaluasi diri dan perkembangan profesional. PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan olrh guru atau peneliti, mulai dari nperencanaan sampai dengan penelitian terhadap tindakan nyata di dalam kelas yang mampu yang berupa Kegiatan Belajar Mengajar(KBM) untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan. Dalam bidang pendidikan, khusunya kegiatan pembelajaran, PTK berkembang sebagai suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas. Dengan melaksanakan tahpan-tahapan PTK (perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi), guru dapat menemukan solusi dari masalah yang timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain. Dengan menerapkan beberapa teori dan teknik serta alan pembelajaran yang efektif dan efesien untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Menurut Hasdjodipuro (1997), PTK adalah suatu pendekatan untuk memperbaiki pendidikan melalui perubahan, dengan mendorong para guru untuk memikirkan praktik mengajarnya sendiri, agar kritis terhadap apa yang dilakukan dan mau mengubahnya. PTK bukan sekedar mengajar, melainkan mempunyai makna sadar dan kritisterhadap mengajar dan menggunakan kesadaran kritis terhadp dirinya sendiri untuk bersiap terhadap proses perubahan dan Perbaikan peoses pembelajaran.
PTK sebagai pebelitian terapan menurut guru melaksanakan tugas utamanya mengajar di kelas sehingga tidak perlumeninggalkan siswanya. Jadi PTK merupakan penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi guru dikelas. Dengan nmelaksanakan PTK,guru memiliki peran ganda yaitu sebagai praktisi pendidikan dan sebagai peneliti. Jadi tugas guru tidak hanya sebagai pelaksana kurikulum, tapi juga berperan sebagai peneliti dan pengembang kurikulum sehingga dengan demikian mutu Kegiatan Belajar Mengajar akan meningkat dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas tamatan.

PTK Penting Bagi Guru
Ada beberapa alasan yang menjadikan PTK sebagai suatu kebutuhan bagi guru untuk meningkatkan profesionalismenya.
1. PTK sangat kondusif untuk membuat guru menjadi peka dan tanggap terhadap dinamika pembelajaran di kielasnya. Guru menjadi reflektif dan kritis terhadap apa yang dilakukan dan yang dilakukan muridnya.
2. PTK dapat meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional. Guru tidak lagi hanya sebagai praktisi yang sudah puas terhadap apa yang dikerjakan selama bertahun-tahun tanpa adanya perbaikan namun juga sebagai peneliti di bidangnya.
3. Guru mampu memperbaiki Proses Belajar Mengajar melalui kajian yang mendalam di kelasnya. Dengan PTK guru akan senantiasaterus belajar dan mengkaji secara terus menerus memperbaiki kinerja dan proses belajar siswa.
4. PTK tidak mengganggu tugas pokok guru karena dalam pelaksanaannya, guru tidak meninggalkan kelas. PTK merupakan kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran.
5. Guru menjadi kreatif karena dituntut untuk melakukan upaya inovasi ( materi, metode, alat bantu pembelajaran dan strategi mengajar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *